Empati Bu Menteri Sosial terhadap adik Elvano penderita Hidrocefalus

Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini pada Minggu (3 Desember 2023) menyerahkan bantuan dari kitabisa.com kepada Elvano, seorang anak penderita hidrosefalus berusia 4 tahun warga Desa Katikan, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi di salah satu rumah makan sekitar exit toll Ngawi.

Dana yang beliau serahkan senilai Rp37.558.255,- merupakan bantuan donasi untuk pengobatan dan donasi utk operasional pengobatan.

Sebagai informasi, anak Elvano terindikasi menderita hidrosefalus sejak dia berusia 7 bulan dalam kandungan Yuli, sang ibu. Namun karena keterbatasan biaya dan mantan suami yang tidak memiliki penghasilan tetap, maka Yuli mengabaikan permintaan dokter kandungan untuk melakukan operasi sesar guna melahirkan anaknya yg didiagnosa hidrosefalus. Saat genap 9 bulan, mau tidak mau Yuli melahirkan Elvano dengan operasi sesar juga karena lingkar kepala Elvano yang sudah besar.

Saat Elvano berumur 7 hari pun dokter terpaksa melakukan operasi untuk mengurangi kepala Elvano yang semakin membesar. Operasi kedua dilakukan saat Elvano berusia 6 bulan untuk memperbaiki posisi selang yang berfungsi untuk membuang cairan maupun darah jahat yang ada di kepalanya melalui urine.

Alhamdulillah, saat ini kondisi Elvano sangat baik karena selalu rutin kontrol ke RSUD dr Soeroto Ngawi dengan menggunakan BPJS yang dicover dari Penerima Bantuan Iuran Daerah dari Pemeriintah Kabupaten Ngawi.

Sang Ibu, Yuli berharap Elvano bisa bertumbuh kembang seperti anak-anak lainnya, bisa hidup normal, bisa mandiri dan bisa sekolah ungkapnya kepada Bu Menteri Sosial pada kesempatan kemarin. Dan disambut dengan penuh rasa empati oleh Bu Menteri Sosial dengan berkata “yang sabar dan ikhlas ya, pokok dijalani wae”.

Selain menyerahkan donasi kitabisa.com, Bu Menteri Sosial juga memberikan bantuan atensi senilai lebih dari 14 juta dari Sentra Terpadu Kartini di Temanggung guna tambahan nutrisi dan pemenuhan hidup layak Elvano serta bantuan kewirausahaan untuk Yuli.

Dalam kunjungan tersebut, Pemerintah Kabupaten Ngawi yang dipimpin langsung oleh Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono beserta Wakil Bupati, Sekretaris Daerah dan Kepala Dinas Sosial berkesempatan mengucapkan terimakasih secara langsung kepada Bu Menteri Sosial.

BidangRehabilitasiSosial.News1223