Jum’at Berkah

Kegiatan Jum’at Berkah berbagi Nasi dan Roti di Lingkungan kantor Dinas Sosial.

Setiap hari Jum’at pagi Sekretariat sebagai Relawan dari orang-orang baik untuk melakukan Sedekah Rutin di tetangga sekitar Kantor Dinas Sosial Kabupaten Ngawi.
Adapun kegiatan Jum’at Berkah berbagi ini kami lakukan karena banyak memberikan manfaat baik para penerima sedekah maupun pemberi sedekah.
Hikmahnya ketika kita bersedekah harus Perhatikan Niat :
Sebagian kita terkadang terlalu fokus pada amal yang kita lakukan dan terlalu fokus pada hasil akhir dari amal tersebut. Terkadang juga kita lupa memperhatikan niat kita dan meluruskan niat kita yaitu hanya ingin mencari wajah Allah dan ridha-Nya.

Perhatikan bahwa pahala amal itu bukan hanya tergantung pada banyaknya amal saja tetapi lebih bergantung pada niat dan keikhlasan seseorang. Amal yang besar bisa jadi kecil karena niat yang kurang ikhlas dan sebaliknya, amal yang kecil jadi besar karena niat yang sangat ikhlas.

Ibnul Mubarak berkata,

رب عمل صغير تعظمه النية، ورب عمل كبير تصغره النية

“Betapa banyak amalan yang kecil menjadi besar (pahalanya) karena sebab niat. Dan betapa banyak amalan yang besar menjadi kecil (pahalanya) karena sebab niat.” (Al-Jami’ Ulum wal Hikam)

sekretariat.06januari23