RAPAT  KOORDINASI  PELAKSANAAN  BANTUAN  LANGSUNG  TUNAI  (BLT)  TAHUN  2023

Senin,  19 Desember  2022

Pemerintah  Kabupaten  Ngawi  mengikuti  Rapat  Koordinasi  pelaksanaan  BLT  DBHCHT  Tahun  2023  yng  dilaksanakan  pada  Hari  Rabu, 14 Desember  hingga  Kamis,  15  Desember  Tahun  2022  di  Hotel  Aston  Sidoarjo  City  Hotel  &  Conference  Center  di  Sidoarjo.  Peserta  acara  tersebut  adalah sejumlah  38  Kabupaten/Kota  di  jawa  Timur.  Adapun  peserta  dari  Kabupaten  Ngawi  adalah  2 orang  dari  Dinas  Sosial,  masing-masinvg  1  orang  dari   Bagian  Perekonomian Setda  Ngawi,  Dinas  Pertanian,  dan  Dinas  Perindustrian,  Perdagangan,  dan  Tenaga  Kerja. 

Acara  dibuka  oleh  Kepala Bappeda Jatim, Bapak Ir. Moh. Yasin, M.Si dengan narasumber dari Dinas Sosial Jawa Timur,  Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Timur pada hari pertama.  Pada hari kedua materi disampaikan oleh narasumber dari Kemendagri,  Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo, Dinas  Perkebunan  Kabupaten Sidoarjo.

Pelaksanaan rapat merupakan  media  penyamaan pandangan antara Pemerintah provinsi Jawa Timur dengan Kabupaten/Kota  dalam pelaksanaan  BLT  DBHCHT  Tahun  2023  agar  lebih baik dari pelaksanaan tahun sebelumnya.

Pada saat penutupan,  ada beberapa kesimpulan dari rapat tersebut,  yaitu  :

  1.  BLT  DBHCHT  Tahun  2023  bagi buruh pabrik rokoh luar wilayah akan diakomodir oleh Pemerintah Provinsi melalui Dinas Sosial Jawa Timur;
  2. Usulan buruh lintas wilayah melalui  OPD  pengampu ketenagakerjaan wilayah masing-masing;
  3. Batas  usulan adalah  31  Desember  2022;
  4. Verval akan dilaksakan oleh Provinsi bersama daerah masing-masing;
  5. Jumlah bantuan baik  nominal  maupun  kali/bulanya ditentukan kemudian,  Tapi diharapkan daerah sekitar untuk saling berkomunikasi.

Rapat koordinasi diikuti antusia oleh semua peserta karena muatan  local  dari daerah satu dan lainnya tidak sama.  Oleh karena itu  moment  pertemuan rekan sejawat pelaksana  BLT  banyak memanfaatkan waktu saat istirahat,   makan ataupun waktu luangnya untuk saling tukar informasi dan berharap pelaksanaan mendatang akan lebih baik lagi.

Linjamsos, 19Desember2022