RUMAH WARGA DESA SOCO KECAMATAN JOGOROGO RUSAK TOTAL DITERJANG BANJIR

Selasa, 13 Desember 2022

Assesment Musibah Banjir Desa Soco Kecamatan Jogorogo

Rumah warga di  Kecamatan Jogorogo dilaporkan mengalami rusak total akibat diterjang banjir, tepatnya di Desa Soco, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi

Mendapat informasi kejadian, Dinas Sosial Kabupaten Ngawi melalui Satuan Tugas Penanggulangan Bencana  (TAGANA), Sigap turun ke lapangan guna melakukan assessment dan kaji  cepat kerusakan atas kejadian tersebut dan koordinasi dengan Perangkat Desa, Bhabinmas dan Bhabin Kantibmas setempat.

Data yang dihimpun dari TAGANA menyebutkan bermula dari hujan yang sangat lebat mengguyur Desa Soco pada hari Jumat, 18 November 2022, akibatnya  saluran air  tidak  bisa menampung  debit  air yang melimpah sehingga mengakibatkan banjir dan salah satunya menerjang rumah milik  WIYONO ( 57 Th ) Warga Desa Soco, Kecamatan Jogorogo.

Akibat dari kejadian tersebut rumah belakang  roboh dan menggerus pondasi rumah depan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun  korban mengalami luka dibagian kaki sehingga memerlukan perawatan. Adapun taksiran kerugian dalam kejadian tersebut korban mengalami kerugian materi sebesar Rp. 25.000.000,00 ( Dua Puluh Lima Juta Rupiah )

Menanggapi musibah tersebut, Kepala Dinas Sosial BUDI SANTOSO, S.STP, M.Si mengunjungi korban bencana pada hari kamis 8 Desember 2022 sekaligus memberikan Bantuan sosial berupa uang mewakili Pemerintah Kabupaten Ngawi. Ikut serta dalam kunjungan tersebut Camat Jogorogo beserta  jajaran Forpimcam Kecamatan Jogorogo, TAGANA, Kepala Desa Soco dan Perangkat Desa lainya.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Sosial menyampaikan bahwa kejadian bencana tidak bisa diprediksi, bisa datang kapan saja. Oleh karenanya masyarakat agar lebih waspada terhadap berbagai ancaman bencana.

Kepala Dinas Siosial juga berjanji akan memaksimalkan peran TAGANA agar senantiasa Sigap, Tanggap dan cepat melakukan tindakan apabila  ada kejadian bencana dan melaporkan  secepatnya agar bisa ditindak lanjuti.

PenangananBencanaDanMigran.08Desember22