Pendampingan Dinas Sosial Terhadap Pelaksanaan SUSENAS

SUSENAS adalah Survei Sosial Ekonomi Nasional yang saat ini dilakukan oleh BPS selama 2 kali dalam satu tahun yaitu bulan Maret dan September.

Dari 11 Sasaran survey Makro Pembangunan Pemerintah tahun 2020-2024, Survey difokuskan pada 3 saranan  yaitu : Kemiskinan, Ratio Gini / Koefisien Gini, Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Tim BPS Kabupaten Ngawi  didampingi  Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ngawi Budi Santoso, S,STP., M.Si pada tanggal 27 Februari 2024 melaksakan SUSENAS ke Desa Tanjungsari Kecamatan Jogorogo melakukan Pendampingan pemutakhiran data Rumah Tangga SUSENAS Maret 2024.

Pemanfaatan Data Susenas ini diantaranya untuk Perencanaan dan evaluasi program pembangunan nasional, Perencanaan dan evaluasi program sektoral (Kementerian/Lembaga) dan Penyediaan indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), dan Nawacita.

Guna memastikan kualitas data hasil pendataan terjaga dengan baik, maka di pemutakhiran rumah tangga SUSENAS ini dilaksanakan pendampingan oleh para pengawas terhadap Petugas Pencacah Lapangan (PCL) dan Petugas Pemeriksa Lapangan (PML). Data yang sangat penting ini harus dipastikan kualitasnya terkawal dan terjaga dengan baik.

Sekretariat.News280224