Agenda Kegiatan TKSK Awal Tahun 2024

Beberapa agenda kegiatan TKSK ( Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan ) Kecamatan Ngawi, Didik Eko Suhartono bergerak dilapangan menindaklanjuti adanya laporan dari warga bahwa Mbah Darni sakit dan rawat inap di Puskesmas, tidak punya KTP dan KK dan juga orang yang tidak mampu, Dinas sosial Kabupaten Ngawi langsung bertindak untuk membuatkan KTP dan KK dengan menghubungi Dinas Kependudukan Kabupaten Ngawi untuk selanjutnya data Mbah Darni akan dimasukan ke data DTKS Serta diusahakan untuk mendapatkan bantuan sosial. Adapun alamat Mbah Darni Desa Mangunharjo Dusun  Nguwin RT.01/RW.09 Kecamatan Ngawi.

Bersamaan dengan penanganan lansia di Kecamatan Ngawi ada laporan warga Dusun Bandung dan Dusun Semen Desa Semen Kec. Paron Kab. Ngawi, laporan dari perangkat desa ODGJ meresahkan dan Orang sakit. TKSK Kecamatan Paron, Nurul Khasanah melakukan koordinasi bersama tim di group TRC Kecamatan, sehingga di lakukan assessment. Ada 3 sasaran yaitu 2 ODGJ dan 1 Orang Sakit.

Data Klien yang ditangani antara lain :

  1. JAMI, Usia 76 tahun, 3 hari yang lalu mbah jami mengamuk tetangganya dengan  membawa palu dan di pukul kan di dahi tetangganya. Mbah Jami merasa tanah yg di tempati tetangganya itu miliknya. Akhirnya di periksa dokter Dillah Nurul Baiti, darah normal, gula normal, dan yang di keluhkan mata, kalau terkena sinar matahari sakit, sehingga mbah Jami tidak mau keluar rumah dan sering mengurung di kamar yang gelap tanpa lampu dan jendela. Sehingga kami sarankan untuk sering di ajak keluar supaya dapat udara segar dan hidup sehat. Mbah Jami tinggal bersama cucunya. Cucunya mendapat bantuan PKH dan terdaftar di BPJS. Tindak Lanjut Hari Senin di buatkan rujukan untuk di bawa ke rumah sakit, di dokter mata, mengingat katarak sudah agak tebal.
  2. IKHWANUDIN, Usia 28 tahun, menderita sakit jiwa sdh lama, sampai sekarang masih aktif minum obat. Selain       sakit jiwa, yang bersangkutan juga menderita sakit gula. Setelah di periksa tensi dan gula kondisi baik, krn setiap kunjungan selalu disampaikan untuk menghindari yang manis-manis. Yang bersangkutan juga mendapat KIS dan atensi sembako dari Temanggung. Tindak Lanjut Kader setempat mengontrol kondisi yang bersangkutan.
  3. DARMAN, Usia 78 tahun, pak darman merasakan badan sekujur tubuh gatal2 semua, sampai badannya  bengkak. Bekas garukannya sampai luka dan berdarah. Setelah di periksa tensi dan gulanya normal. Keluarga sdh membawa ke puskesmas dan rumkit, tp gatal2 itu juga tak kunjung sembuh. Keluarga tersebut mempunyai KIS dan dapat bantuan PKH. Tindak Lanjut atas saran dokter untuk di rujuk ke rumkit, supaya di periksa dokter spesialis kulit.
  4. Mengaku atas nama SUYATEN, usia 73 tahun. Adanya laporan dari perangkat dan kader kalau sdh 2 hari ini lansia tersebut mondar mandir seperti orang bingung. Kader dan kasun berusaha tanya tempat tinggal tetapi tidak nyambung. PSM menindak lanjuti dengan menghubungi TKSK dan langsung ke lokasi, setelah diajak mengobrol didapat sedikit informasi terkait Desa asal klien, yaitu di Kecamatan Kendal , koordinasi dengan TKSK dan PSM Kecamatan Kendal, dapat dipertemukan dengan keluarganya. Tindak Lanjut Di jemput kluarganya.
  5. Penjemputan ODGJ di RSUD dr Soeroto , Setelah menjalani perawatan intensif di RSUD dr Soeroto Ngawi selama 14 hari, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) berinisial RB (26) dijemput oleh Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kecamatan Jogorogo, Rabu (17/1/2024). TKSK Kecamatan Jogorogo, Suwarno, menjelaskan, klien di rumah tinggal bersama ibunya. Karena kondisi ibu klien yang tidak sehat, sehingga TKSK bertanggung jawab atas klien selama dirawat di rumah sakit. “Setelah 14 hari klien dinyatakan sembuh. Pihak RSUD dr Soeroto Ngawi menginformasikan kepada TKSK untuk segera menjemput. Tanggal 22 Januari 2024 nanti kami juga akan mendampingi klien untuk kontrol awal,” ujar TKSK Kecamatan Jogorogo, Suwarno, yang dibantu TKSK Kecamatan Geneng saat menjemput klien. Setelah menjemput di RSUD, TKSK langsung mengantar klien ke kediamannya di Jogorogo dan menyerahkannya kepada keluarga. TKSK juga menyampaikan pesan kepada klien untuk rutin minum obat, supaya kondisinya membaik.

BidangDayasos.News2024