Senam Pagi dan Bersepeda ASN Dinas Sosial Kabupaten Ngawi sebagai Rutinitas Aktifitas Fisik setiap Jum’at Wujud Perilaku CERDAS dan SEHAT.

Senam pagi merupakan suatu aktifitas fisik yang perlu diadakan untuk menjaga kebugaran jasmani para pegawai. Gerakan-gerakan senam pagi bermanfaat untuk melatih otot-otot pada tubuh, melancarkan peredaran darah sehingga lebih sehat dan segar. Paparan sinar matahari pagi juga bagus bagi tubuh karena kandungan vitamin D alaminya. Jika tubuh sehat dan bugar secara fisik, maka kemampuan konsentrasi juga akan meningkat dan memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Senam juga dapat memperkuat tulang, membantu menormalkan aliran darah dan melatih urat saraf yang kaku serta meningkatkan kesehatan jantung dan stamina tubuh.

Olahraga ini juga bisa menjaga fungsi otak, mencegah pikun, juga bisa mengurangi stress dan membuat lebih bahagia karena dengan kita melakukan gerakan senam maka tubuh akan melepaskan hormon endorphine.
Sementara itu olahraga adalah bentuk khusus dari aktivitas fisik, yang terencana dan sengaja dilakukan untuk menyehatkan badan. Contohnya adalah Senam pagi, Renang, Bersepeda, Jalan sehat dan sebagainya.
Dengan endorphin perasaan kita akan lebih rileks, dan tentunya kita pun akan lebih mudah mengontrol diri kita dari amarah sekaligus berpikir positif dengan mengutamakan kesabaran. Dapat dikatakan bahwa Zat Endorphin yaitu zat yang diproduksi oleh tubuh ketika kita merasa bahagia (tertawa).

Sebagian orang beralasan karena mereka tidak punya banyak waktu luang, malas, atau mungkin mereka tidak berolahraga karena tidak ada seorang pun teman yang dapat menemaninya. Meskipun kita rajin mengonsumsi makanan yang bergizi, tanpa dibarengi olahraga manfaat yang didapatkan tentu saja tidak akan maksimal.

Oleh karena itu, lakukanlah olahraga minimal sekali dalam satu minggu supaya tubuh tetap sehat, bugar, dan otot-otot tidak kaku. Senam merupakan salah satu jenis olah raga yang mempunyai beragam variasi dan manfaat, baik bagi fisik, maupun mental dan sosial.
Banyak manfaat yang kita dapatkan melalui olahraga senam. Sebagai lanjutan senam pagi bisa melakukan olahraga bersepeda meskipun hanya dilakukan tigapuluh menit. Oleh karena itu senam menjadi agenda rutin di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Ngawi termasuk OPD Dinas Sosial Kabupaten Ngawi yang dilakukan setiap hari Jum’at pagi bersama ASN dan Tim pendamping Dinsos sebagai wujud untuk mengendalikan Penyakit Tidak Menular adalah dengan melaksanakan PERILAKU CERDAS DAN SEHAT.

SekretariatNews.031123