Penanganan Musibah Bencana Alam Kebakaran Hutan Lereng Gunung Lawu

Gerak Cepat Tim Tagana membuka Dapur Umum dalam penanganan musibah bencana alam kebakaran lereng gunung lawu. Kegiatan dapur umum di mulai sejak hari Minggu 1 Oktober 2023 sampai batas waktu yang belum ditentukan. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ngawi  Budi Santoso, S.STP.,M.Si memimpin langsung kegiatan operasional Dapur Umum Tagana untuk memastikan para relawan tercukupi kebutuhan makan agar tenaga  fokus dalam penanganan tanggap darurat pemadaman api.

Kegiatan penanganan kebakaran hutan lereng gunung Lawu di wilayah Kabupaten Ngawi meliputi wilayah yang terdampak yaitu Kasian, Wukir bayi,Leleng, Ngetrep. Jumlah orang yang terlibat  200 Personil terdiri dari Dinas Sosial Kabupaten Ngawi melibatkan Tim Tagana dari Bidang Penanganan Bencana dan Migran yang diampu Kepala Bidang Nurhamid,SP.M,MA  bersama dengan BPBD Provinsi Jawa Timur, BPBD Kabupaten  Ngawi, BPBD Kota Madiun, TNI – Polri, relawan dan masyarakat sekitar wilayah terdampak.

Adapun peralatan manual sementara yang di gunakan untuk memadamkan api secara darurat adalah mesin rumput, mesin Chainshow, Cangkul, Garuk sampah, Sabit .

Tim personil Tagana membuka  Dapur Umum berkolaborasi dengan BPBD dan masyarakat Desa Ngrayudan untuk memberikan suplay makanan dan minuman kepada  relawan dan  warga  yang ikut berperan memadamkan api kebakaran hutan, sejumlah 500 terbagi di 4 titik.

BidangPenangananBencanaDanMigran.News031023