Sinergi Tagana Mendukung Karang Taruna di acara Jambore Karang Taruna Ngawi

Sabtu, 23 September 2023, Pukul 08.00 – 12.00 di Bumi perkemahan  Gendingan, Ds. Sidorejo, Kec. Kendal, Ngawi Tagana hadir memeriahkan acara Jambore Karang Taruna Ngawi.

Karang Taruna Ngawi meminta Tagana untuk mengisi materi “Pengenalan Tagana dan Dapur Umum serta Penanganan LDP (Layanan Dukungan Psikososial) dalam kebencanaan”. Layanan Dukungan Psikososial (LDP) merupakan langkah yang diberikan untuk pemulihan pasca- bencana. Gerakan pemulihan psikologis dan sosial ini diinisiasi oleh Kementerian Sosial (Kemensos). “Selain dampak fisik, kondisi psikologis dan sosial seseorang yang mengalami bencana atau kecelakaan juga rentan mengalami guncangan. LDP biasa dilakukan oleh tim pekerja sosial maupun psikolog yang berfokus pada penguatan resiliensi (aspek psikologis) serta interaksi sosial (aspek sosial) antar-individu dengan lingkungannya. Kegiatan tersebut diharapkan agar dalam penanganan kebencanaan, bisa lebih cepat dan tepat. Karena peserta merupakan perwakilan dari seluruh desa se-Kabupaten Ngawi.

Setelah pemberian materi, Tagana menyiapkan Dapur Umum dan peralatan memasak untuk membuat menu makan siang. Aktifitas penyiapan bahan makanan, proses memasak dan pembungkusan dilakukan oleh anggota karang taruna yang dibimbing dan dibantu oleh personil Tagana. Tim yang terlibat dalam acara tersebut Tagana Ngawi, Pordam, Karang Taruna Ngawi, BPBD dan Tim Damkar.

Menu yang disajikan dalam kegiatan ini adalah Nasi putih, oseng buncis dan wortel, tahu dan tempe goreng serta sambal tomat untuk 110 bungkus. Juga tersajinya kopi dan teh, untuk menunjang kegiatan.

BidangPenangananBencanadanMigran.News230923