PENANGGULANGAN BENCANA BEBASIS MASYARAKAT/ KOMUNITAS

Tepatnya pada Sabtu Malam (10/6/2023 s/d Minggu 11 /6/2023), sejak pukul 13.00 WIB, hingga selesai,  Lokasi di Tempat Wisata Sumber koso, Desa Girikerto, Kec. Sine Berbagai program dilakukan oleh elemen Masyarakat dan lembaga Pemerintahan dalam sektor penanggulangan dan penanganan bencana, khusunya di Wilayah Jawa Timur. Aneka Program itu tersaji dalam berbagai kemasan seperti Pelatihan, Sosialisasi, Pemantapan, Mitigasi hingga Simulasi. Yang secara umum mengacu pada UU Nomer 24 Tahun 2007, tentang penanggulangan bencana.

Satu dari sekian kegiatan dalam konteks penanggulangan bencana tersebut dilakukan oleh relawan binaan Dinas Sosial Kabupaten Ngawi, yaitu Taruna Siaga Bencana yang dikenal dengan sebutan TAGANA.

Apa itu  Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat/ Komunitas ?

SUTIKNO, orang nomer satu di satuan Tagana Kabupaten Ngawi menerangkan bahwa, Penanggulangan Bencana Berbasis Komunitas adalah sebuah program yang bergerak di sektor layanan Edukasi, Sosialisasi (tentang bencana), serta media membangun Sinergitas dan merajut Jejaring, (Permensos Nomer 29 Tahun 2012, tentang tugas dan fungsi Tagana).

“Dalam kegiatan kali ini kami memberikan edukasi tentang kebencanaan kepada Masyarakat, melalui  Sarasehan  bersama  KADARWIS , obrolan gayeng mengalir dengan nuansa kekeluargaan,” terangnya.

Kegiatan inipun merupakan rangkaian Mitigasi bencana, sebagai upaya mengurangi tingginya dampak kerusakan, korban jiwa dan kerugian lainnya, yang biasa dikenal dengan istilah PRB, yaitu Pengurangan Risiko Bencana.

Dalam Kegiatan tersebut setidaknya melibatkan tidak kurang dari 50 peserta , dan  pada hari minggu 11 juni 2023 Tagana bersama KADARWIS desa sumber koso mengadakan Bakti Sosial  Pembersihan seluruh area tempat wisata Sumberkoso, kegiatan tersebut sukses meraup perhatian dan menjadi opsi terbaik bagi para pengunjung wisata Sumberkoso.

Hebatnya lagi,  Dalam Kegiatan Sarasehan tersebut langsung dihadiri oleh Jajaran Pejabat Dinas Sosial Kabupaten Ngawi Seperti Kepala Dinas Sosial , Kabid Penanganan Bencana dan Migran  beserta Staf, Kabid Linjamsos dan Kabid Dayasos., Dalam Kesempatan tersebut  Bapak Budi Santoso, S,STP, Msi ( Kepala Dinas Sosial ) mengucapkan terima kasih kepada TAGANA yang  banyak berperan dalam penanganan Bencana , dan momen seperti ini sudah selayaknya Tagana berbagi ilmu dan bersinergi dengan berbagai pihak dalam Penanggulangan Bencana, sehingga Memberi Kesadaran kepada masyarakat untuk berperan dalam penanggulangan bencana sehingga resiko bencana benar-benar bisa dikurangi . dan kami berharap bahwa kegiatan seperti ini terus dilakukan baik di masyarakat ataupun dengan lembaga yang lain seperti Sekolah-sekolah.