Siswa dan Mahasiswa Pelatihan Kerja / Magang di Dinas Sosial Kabupaten Ngawi

Dunia kerja dan dunia pendidikan mempunyai individualitas yang berbeda. Dunia pendidikan yang sebagian besar hanya mengacu pada pemberian teori dan praktik dengan fasilitas yang sangat terbatas. Meski begitu, pendidikan memiliki andil yang penting dalam mewujudkan pribadi yang terampil dan cekatan seseorang untuk turun di dunia kerja. Pada proses pengaplikasian teori menjadi praktik tersebut Siswa dituntut untuk memiliki keterampilan dan kemampuan yang sesuai dengan dunia kerja. Salah satu program pengenalan awal dalam menjajaki dunia kerja bagi Siswa adalah melalui program Pelatihan Kerja atau Magang.

SMK ( Sekolah Menengah Kejuruan) merupakan salah satu Sekolah Tingkat Atas yang memberikan kesempatan kepada Siswanya untuk melakukan Pelatihan Kerja atau magang baik di jurusan akuntansi ataupun manajemen. Praktek magang ini memiliki bobot 6 Nilai dan dilakukan setidaknya selama 3 bulan. Pengadaan Pelatihan Kerja atau magang ini bertujuan untuk menciptakan lulusan yang berkualitas secara hard skill maupun soft skill.

Sebagai Siswa yang menempuh pendidikan dengan berbagai jurusan, Kepala Dinas Sosial Budi Santoso, S.STP.,M.Si merekomendasi Dinas Sosial Kabupaten Ngawi menjadi lokasi Siswa untuk dapat mempraktikan dan mengembangkan ilmu yang telah Siswa peroleh dari SMK Masing-masing. Selama periode magang Siswa ditempatkan pada beberapa tempat baik di Sekretariat maupun Bidang-bidang ( Bidang Rehabilitasi Sosial, Bidang Penanganan Bencana, Bidang Pemberdayaan Sosial dan Bidang Perlindungan & Jaminan Sosial ).

Tujuan Penerimaan anak Magang antara lain :

  1. Sebagai salah satu syarat untuk lulus dan mendapat sertifikat Kompetensi;
  2. Menambah pengalaman dan wawasan di dunia kerja yang sebenarnya dan nyata;
  3. Mengaplikasikan teori yang diterima selama belajar.

Semoga anak – anak yang memiliki potensi dan skill bekerja di Kantoran bisa Magang dengan mendapatkan pengalaman yang baik di Dinas Sosial Kabupaten Ngawi.

Sekretariat.NewsAgustus24