Apel Pembinaan Tagana Dalam Rangka Peringatan HUT Ke- 20 Tagana Kabupaten Ngawi

Ngawi, 25 April 2024. Apel  Pembinaan Tagana   Dalam rangka HUT ke- 20 Tagana Kabupaten Ngawi dihadiri Kepala Bidang di lingkup Dinas Sosial Kabupaten Ngawi, Ketua beserta jajaran anggota Tagana Kabupaten Ngawi, Perwakilan dari Pilar- Pilar Sosial PKH, TKSK, PSM.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ngawi Budi Santoso, S.STP.,M.Si menyampaikan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya atas peringatan HUT Tagana Kabupaten Ngawi Ke-20. Mudah-mudahan dengan semakin bertambahnya usia, Tagana dapat senantiasa memberikan konstribusi  positif, serta selalu bersinergi dengan Pemerintah dalam hal Penanggulangan bencana yang ada di Kabupaten Ngawi.

            Mengingatkan kembali dalam Permensos  Nomor 28 Tahun 2012, Tagana memiliki tugas untuk melaksanakan Penanggulangan bencana, baik pada saat Pra bencana, Saat Tanggap darurat, dan Pasca bencana dan tugas – tugas penanganan permasalahan sosial lainnya yang terkait dengan penanggulangan bencana. Tugas ini diikuti dengan serangkaian fungsi pada pra, saat terjadi, dan pasca bencana terjadi bencana. Saya yakin tiap – tiap anggota Tagana sudah mengetahui dan memahami tugas dan fungsi  yang tertuang dalam Permensos  tersebut . Dengan harapan semua anggota Tagana memedomani Permensos 28 Tahun 2012 dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya.

            Dalam kesempatan yang baik ini, Kepala Dinas Sosial menyampaikan kegiatan Tagana dalam bidang kebencanaan yang  telah dilaksanakan selama ini, antara lain :

  1. Pendirian Dapur Umum Lapangan dalam rangka Penanganan  Karhutla  ( Kebakaran Hutan dan Lahan ) selama 12 hari di Desa Ngrayudan Kecamatan Jogorogo;
  2. Pendirian Dapur Umum Lapangan Dalam rangka Penanganan Korban Bencana alam dampak banjir pada  tanggal 6 s/d 7 Maret 2014, di lingkungan Mulyorejo, Kelurahan Karangtengah Kecamatan Ngawi;
  3. Pendirian Dapur Umum Lapangan dalam rangka Bhakti Sosial Penanganan Korban Bencana Pasca banjir di Desa Kendung, Kecamatan Kwadungan pada tanggal 14 Maret 2024;
  4. Bimbingan Teknis Peningkatan kapasitas Kampung Siaga Bencana di Desa Sumengko Kecamatan Kwadungan;
  5. Serta Penanggulangan bencana lainnya.

Kesiapsiagaan bencana merupakan hal yang penting, sehingga dapat meminimalisir Jumlah Korban ataupun mengurangi resiko bencana, sehingga apa yang dilakukan Tagana sejauh ini sangat bermanfaat, dalam membekali masyarakat dengan pengetahuan tentang  kebencanaan.

Lanjutkan dan tingkatkan kegiatan yang berhubungan dengan penanggulangan bencana, karena Kabupaten Ngawi termasuk banyak wilayahnya yang berada pada daerah rawan bencana. Menghimbau untuk selalu berkreasi, menciptakan inovasi dalam usaha pencegahan serta tanggap bencana baik bencana alam, bencana non alam ataupun bencana Sosial.

BidangPenangananBencanadanMigran.NewsApril2024.