Semarak Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 79 “NUSANTARA BARU INDONESIA MAJU”

Semarak Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2024, sebagai bagian dari bangsa Indonesia, maka sudah menjadi kewajiban kita untuk mengenang jasa-jasa yang sudah dilakukan para pahlawan kita saat memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia di masa lampau.

Hari kemerdekaan merupakan salah satu tonggak sejarah perjuangan bangsa yang harus kita pelihara dan pertahankan. Selain mempertahankan kemerdekaan, kita sebagai generasi penerus dari bangsa ini, harus mengisi momen kemerdekaan tersebut dengan melakukan berbagai hal yang positif dan dapat menumbuhkan kecintaan, semangat nasionalisme dan bangga akan tanah air ini.

Dengan demikian, para pegawai Dinas Sosial Kabupaten Ngawi untuk mengisi momen Hari Kemerdekaan ini dengan melakukan berbagai kegiatan yang mengingatkan kita pada semangat patriot pembela bangsa di masa itu.

Maka dari itu kami selaku panitia perayaan ulang tahun RI ke-79 tahun ini berencana mengadakan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 merupakan hari bersejarah untuk Indonesia. Negara Indonesia mengalami perkembangan, perubahan, dan tantangan silih berganti. Sesuai tuntutan zaman, generasi muda penerus bangsa dituntut memiliki mental tahan uji dan mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya. Salah satu cara untuk mengembangkan potensi yang dimiliki pegawai ASN, selaku Sekretariat  mengadakan serangkaian kegiatan lomba untuk menyemarakkan peringatan HUT RI ke – 79.

Adapun serangkaian Lomba pada tanggal 16 Agustus 2024 yang diadakan antara lain :

  1. Lomba Balap Tampah dengan mengapit Balon
  2. Lomba Giring Bola dengan Corong
  3. Lomba Mengambil Karet gelang dengan sedotan dalam tepung
  4. Lomba Makan biskuit dari Jidat
  5. Lomba Sepak Bola Ceting dengan Botol Air Mineral
  6. Lomba Masukkan Sedotan ke Botol
  7. Lomba Estafet Air berkelompok

Peringatan perayaan Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024. Tema kegiatan adalah “Nusantara Baru Indonesia Maju”.

Tujuan diselenggarakannya acara HUT RI sebagai berikut:

  1. Mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan tanah air;
  2. Meningkatkan kesadaran besarnya jasa para pejuang kemerdekaan dalam merebut kemerdekaan bangsa Indonesia ;
  3. Meningkatkan rasa bangga dan cinta tanah air Menambah jiwa sportivitas dalam diri ASN Dinas Sosial;
  4. Menumbuhkan rasa persatuan, kesatuan, dan kekeluargaan bagi seluruh pegawai Dinas Sosial.

Kegiatan yang mengedepankan kebersamaan antar ASN dalam keberagaman suku, bahasa, dan agama. Serta kegiatan bersifat mengembangkan daya kreatifitas, ketangkasan, dan wawasan ASN.

Tujuan diadakannya kegiatan Lomba ini antara lain:

  1. Memupuk rasa percaya diri
  2. Meningkatkan semangat juang dalam meraih prestasi
  3. Memupuk jiwa sportifitas dalam berlomba
  4. Mempererat tali silaturahmi antar ASN
  5. Menggalang rasa persatuan antar generasi untuk memperkuat ketahanan nasional menghadapi tantangan global
  6. Membangun dan membina sikap kerjasama dan kekompakan

Setelah melakukan kegembiraan perayaan berbagai Lomba dilanjutkan tanggal 17 Agustus 2024 sebagai Puncak Acara yaitu Upacara Peringatan HUT di Alun-Alun Merdeka Ngawi  kemudian Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan. Kegiatan  ini  sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan wujud menyambut Hari Ulang Tahun RI ke-79 sebagai semangat “NUSANTARA BARU INDONESIA MAJU” dengan kegiatan yang bermanfaat.

Sekretariat.NewsAgustus24