Rangkaian Kegiatan Pilar-Pilar Sosial Dinas Sosial Kabupaten Ngawi

Pada tanggal 4 Juni 2024 pada jam 12.20, ada laporan perangkat Desa dari Dsn Gentong Kidul RT. 04 RW. 03 Desa Gentong Kec. Paron Kab. Ngawi bahwa ada masyarakat kondisi ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) yang meresahkan, sering masuk rumah orang, merusak benda-benda yang ada di sekitar. Warga ODGJ tersebut bernama Sutomo umur 63 Tahun.

TKSK & PSM, Babinsa & Babinkantibmas, Puskesmas, Perangkat Desa menindak lanjuti laporan tersebut menuju  ke lokasi, karena kondisi sangat meresahkan sehingga di evakuasi ke Rumah Sakit. Dalam perjalanan pasien mengamuk, sulit di kendalikan sehingga di tenangkan oleh beberapa tim evakuasi. Sesampai di Rumah Sakit selama menuggu observasi, pasien mengamuk lagi dengan memukul tim evakuasi. Kagiatan hari itu dilanjutkan acara Berkat warung Desa Semen dengan sasaran 2 lansia & 1 RM , Evakuasi ODGJ Desa Semen, kemudian Rakor pilar-pilar sosial Kecamatan (TKSK, PSM, PKH).

Pada hari Jumat, 05 Juni 2024 TKSK Sine bersama dengan Kader PKK di Desa Ketanggung mengunjungi disabilitas bernama Masykur Sururi berusia 22 tahun yang tinggal di dusun Krajan Rt 002 Rw 02, Desa Ketanggung. Kunjungan ini berdasarkan obrolan dengan kader PKK bahwa ada penyandang disabilitas di wilayahnya yang belum mendapat bantuan. Masykur Sururi merupakan penyandang disabilitas ganda yaitu wicara, rungu, dan intelektual sejak lahir, kegiatan sehari – harinya hanya duduk² dan tidur. Dia tidak mampu merawat dirinya sendiri (mandi), maupun makan sendiri sehingga segala kebutuhannya dipenuhi dan dikerjakan oleh kedua orangtuanya. Untuk berkomunikasi dengannya menggunakan bahasa isyarat. Selanjutnya TKSK Sine melaporkan kunjungan ini  untuk diajukan bantuan paket sembako untuk membantu kebutuhannya.

Senin 10 Juni 2024 di  Dsn. Bedali RT. 005 RW. 002 Ds. Babadan Kec. Ngrambe, TKSK,Kasi Kesos Kecamatan Ngrambe, Ketua RT melakukan Assesment Lansia Terlantar bernama Sukinem berusia 79 Tahun. Assesment tersebut  untuk menindaklanjuti laporan dari masyarakat bahwa ada lansia  tinggal sendiri dengan keadaan yang memprihatinkan (sakit-sakitan). Lansia tersebut mendapat bantuan PKH, Permakanan, KIS dan Rehab Rumah. Hasil assessment rencana dari pemerintahaan desa rumah bagian depan akan diganti asbes dan lantai akan di plester. Kemudian TKSK mengusulkan bantuan kursi roda kepada Balai Rehabilitasi Kartini Temanggung melalui Dinas Sosial.

Pada hari Jum’at, 05 Juli 2024 di Desa Ngale & Gelung ada kegiatan Berkat Warung dengan sasaran  pertama  Sadikun, 67 tahun alamat Bungur 1/3 Gelung dengan riwayat : lumpuh, sakit menahun, hidup berdua dengan istri, dari keluarga tidak mampu, sasaran kedua Hartono  59 tahun alamat : Gelung Barat 4/5 Gelung dengan riwayat : sakit Parkinson, tidak mampu, tidak punya KIS, bantuan yang di terima Bapang dan sasaran ketiga Arista adinda 24 bulan alamat : blego Ngale dengan riwayat : balita stunting. Kegiatan tersebut rutin lintas sektor kecamatan paron dengan di periksa oleh dokter puskesmas. Untuk pemberian paket sembako dari masing-masing sector, Siraman rohani dari KUA dan diselipkan pesan Assesment memberikan semangat untuk keluarga sasaran.

Pada hari Senin, 08 Juli 2024, Desa Semen Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi ada tindakan Respon Kasus Bayi Sakit atas nama Muhammad Zayyan pihak yang terlibat Puskesmas, TKSK & PSM, Perangkat Desa. Kronologi kejadian karena kondisi perut bayi makin hari makin besar, kemudian keluarganya inisiatif memanggil tukang pijit, akan tetapi kondisi bayi tidak juga pulih, Bayi tersebut kemudian di bawa ke puskesmas, lalu dirujuk ke Rumah Sakit  poli anak dan di sarankan untuk rawat inap akan tetapi karena tidak punya biaya dan tidak terdaftar BPJS, bayi tersebut di bawa pulang, sesampai di rumah ada kader menanyakan kondisinya si bayi, kemudian melanjutkan info tersebut ke bidan Desa. Bidan tersebut lalu berkunjung ke rumah pasien dan dilanjutkan  dengan koordinasi dengan TKSK untuk  tindaklanjutnya. TKSK menindak lanjuti dengan berkoordinasi dengan Dispenduk ( karena bayi  belum  masuk  di KK)  dan  Dinkes (untuk bisa di bebaskan biaya). Hasil dari koordinasi, bayi tersebut bisa di masukkan di KK serta BPJS  juga langsung aktif, Pasien kemudian dibawa ke RS dan langsung di tangani dokter.

Pada hari Selasa tanggal 9 Juli 2024 TKSK, PSM, Pemerintah Desa, Babinsa, Kecamatan dan Puskesmas menyerahkan bantuan kursi roda dan sembako kepada lansia tunggal yang  hidup sebatang kara. Atas nama Sukinem dengan Usia  79 th. Dsn. Bedali RT. 05 RW. 02 Desa Babadan Kec. Ngrambe. Penyaluran ini tindak lanjut dari usulan TKSK  melalui Dinas Sosial kepada Panti rehabilitasi Kartini Temanggung.

Hari Jum’at tgl 14 Juni 2024 Lokasi di Desa Kedungharjo ada kegiatan pemberian santunan kepada ODGJ yang hidup sendiri.

BidangDayasos.NewsJuli24